PENGEMBANG TRIAS EDU BERSAMA PROFESOR JOSAPHAT TETUKO SRI SUMANTYO, AHLI RADAR DUNIA

TRIAS Edu – Sebagai salah satu member dari Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL), Center for Environmental Remote Sensing (CEReS), Chiba University, pada suatu waktu pengembang TRIAS Edu sekaligus pendiri IN@SAR, Joko Widodo, mendampingi Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, P.hD. atau bisa dipanggil Prof. Josh  menerima delegasi Japan-Asia Youth Echange Program in Science (Sakura Science), sebuah program yang berisi pertukaran pelajar Jepang dan Asia dalam pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi (dalam foto di atas, duduk paling depan sebelah kanan)

Prof. Josh adalah ahli radar dunia asal Indonesia, yang dakui kehebatannya dalam rangka mengembangkan radar Circular Polarisation – Synthetic Aperture Radar (CP-SAR) , baik dengan wahana sattelite maupun airborne (pesawat udara dan UAV). Satelit yang dikembangkan oleh Prof. Josh bahkan merupakan satelit teringan CP-SAR dengan bobot 100 kg dan panjang gelombang tertinggi (L-Band).

Program Sakura Science ini menghadirkan siswa-siswa SMA berprestasi dari berbagai negara di Asia untuk mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Jepang. Kebetulan kali ini yang diterima adalah Group D, yang berasal dari Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan, selengkapnya:

Joko Widodo (Jecko) sedang menjelaskan beberapa kegiatan yang ada di laboratorium JMRSL, Chiba University, Jepang

Joko Widodo sedang menjelaskan Sistem Airborne Radar C-Band CP-SAR yang dikembangkan oleh JMRSL, Chiba University

Joko Widodo sedang menjelaskan tentang Antena Satelit CP-SAR yang dikembangkan oleh JMRSL, Chiba University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *